PENGADILAN AGAMA MOROTAI DI TOBELO
  • HOME
  • PROFIL & PELAYANAN
    • PROFIL PENGADILAN
      • SEKILAS SEJARAH
      • TUGAS POKOK & FUNGSI
      • YURISDIKSI PENGADILAN
      • STRUKTUR ORGANISASI
      • KONTAK KAMI
      • PEJABAT DAN HAKIM
      • PEJABAT STRUKTURAL
      • LHKPN
      • LHKASN
      • VISI & MISI
      • JENIS-JENIS LAYANAN
      • FOTO GEDUNG
    • PROSEDUR BERPERKARA
      • PERSYARATAN BERPERKARA
      • PERKARA TINGKAT PERTAMA
      • PERKARA TINGKAT BANDING
      • PERKARA TINGKAT KASASI
      • PERKARA TINGKAT PK
      • PENGAMBILAN PRODUK PENGADILAN
      • GUGATAN SEDERHANA
    • LAYANAN MEDIASI
    • HAKIM MEDIATOR
    • BIAYA PERKARA
      • CEK RADIUS PERKARA
      • SK RADIUS
      • SK PANJAR KETUA PA
      • BIAYA HAK-HAK KEPANITERAAN
      • HITUNG OTOMATIS BIAYA
    • AGENDA SIDANG
    • TATA TERTIB PERSIDANGAN
    • FASILITAS PUBLIK
    • ARSIP MULTIMEDIA
  • INFO & HAK MASYARAKAT
    • HAK HAK PARA PIHAK
      • HAK BANTUAN HUKUM
      • KEBERDAAN POSBAKUM
      • BERPERKARA SECARA PRODEO
      • HAK PENCARI KEADILAN
      • HAK-HAK PEREMPUAN DAN ANAK PASCA PERCERAIAN
      • HAK-HAK POKOK PERSIDANGAN
    • PROSEDUR PENGADUAN
      • FORMULIR PENGADUAN
      • SYARAT - SYARAT PENGADUAN
      • TATA CARA PENGADUAN
      • PENYAMPAIAN PENGADUAN
      • WAKTU PENYELESAIAN
      • PENYELESAIAN PENGADUAN
      • REKAPITULASI PENGADUAN
    • HAK PELAPOR ADUAN
    • PELAYANAN INFORMASI
      • HAK PEMOHON INFORMASI
      • PROSEDUR PERMOHONAN
      • PRODUK LAYANAN
      • JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
      • TATA CARA KEBERATAN
      • PETUGAS INFORMASI
    • BIAYA SALINAN INFORMASI
  • AKSES INFORMASI
  • KINERJA
    • PROGRAM KERJA
    • LAPORAN REALISASI DIPA
      • DIPA 01
      • DIPA 04
    • LAPORAN RKA-KL
    • LAPORAN TAHUNAN
    • SAKIP
      • LAPORAN KINERJA (LKJIP)
      • RENCANA AKSI KINERJA
      • PERJANJIAN KINERJA
      • RENCANA KERJA TAHUNAN
      • RENCANA STRATEGIS PENGADILAN
      • Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Reviu IKU
    • LAPORAN KEUANGAN (CALK)
    • NERACA KEUANGAN
    • LAPORAN REALISASI PNBP
    • ASET & INVENTARIS
      • RINGKASAN ASET & INVENTARIS
      • GAMBAR SARPRAS
    • PENGADAAN BARANG & JASA
    • SPIP
    • LAPORAN SURVEY KEPUASAAN MASYRAKAT
  • INFO PERKARA
    • PENCARIAN DETAIL PERKARA
    • DAFTAR PANGGILAN GHAIB
    • PUTUSAN/PENETAPAN
      • DIREKTORI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG
      • DIREKTORI SATKER 2018
      • DIREKTORI SATKER 2017
    • REGISTER PERKARA
      • PERDATA GUGATAN
      • PERDATA PERMOHONAN
      • JINAYAH
    • STATISTIK PERKARA
      • STATISTIK PERKARA 2017
      • STATISTIK PERKARA 2018
      • STATISTIK PERKARA 2019
      • STATISTIK PERKARA 2020
    • PROSES PENANGANAN PERKARA
    • PENGUNAAN BIAYA PERKARA
    • PENGEMBALIAN SISA PANJAR
  • PENGAWASAN
    • PEDOMAN PENGAWASAN
    • TEMUAN HAWASBID
    • TEMUAN HATIWASDA
    • TEMUAN BAWAS
    • TINDAK LANJUT LAPORAN
    • TINDAK LANJUT PELANGGARAN
    • REKAP PELANGGARAN
    • HUKUMAN DISIPLIN MARI
    • PUTUSAN MKH
    • KODE ETIK
    • PEJABAT PENGAWAS
  • PERATURAN
    • PERUNDANG-UNDANGAN
    • PERATURAN MAHKAMAH AGUNG
    • SURAT EDARAN MARI
    • FATWA MAHKAMAH AGUNG
    • PERTIMBANGAN DAN NASEHAT
    • HASIL RAKERNAS
    • INFORMASI DAN KEBIJAKAN
    • PENGELOLAAN ORGANISASI
    • ARTIKEL / TULISAN
  • INFORMASI LAINNYA
    • UNIT PELAKSANA TEKNIS KESEKRETARIATAN
    • SOP SATKER
      • S O P KEPANITERAAN
      • S O P KESEKRETARIATAN
    • STANDAR PELAYANAN
    • MAKLUMAT PELAYANAN
    • PROFIL HAKIM DAN PEGAWAI
    • STATISTIK KEPEGAWAIAN
    • INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN HAKIM / PEGAWAI
    • ANGGARAN/DIPA
    • SURAT MENYURAT
      • SURAT MASUK
      • SURAT KELUAR
    • PROSEDUR PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI KEADAAN DARURAT
    • AGENDA KERJA PENGADILAN
    • PETA SITUS
  • HOME
  • PROFIL & PELAYANAN
    • PROFIL PENGADILAN
      • SEKILAS SEJARAH
      • TUGAS POKOK & FUNGSI
      • YURISDIKSI PENGADILAN
      • STRUKTUR ORGANISASI
      • KONTAK KAMI
      • PEJABAT DAN HAKIM
      • PEJABAT STRUKTURAL
      • LHKPN
      • LHKASN
      • VISI & MISI
      • JENIS-JENIS LAYANAN
      • FOTO GEDUNG
    • PROSEDUR BERPERKARA
      • PERSYARATAN BERPERKARA
      • PERKARA TINGKAT PERTAMA
      • PERKARA TINGKAT BANDING
      • PERKARA TINGKAT KASASI
      • PERKARA TINGKAT PK
      • PENGAMBILAN PRODUK PENGADILAN
      • GUGATAN SEDERHANA
    • LAYANAN MEDIASI
    • HAKIM MEDIATOR
    • BIAYA PERKARA
      • CEK RADIUS PERKARA
      • SK RADIUS
      • SK PANJAR KETUA PA
      • BIAYA HAK-HAK KEPANITERAAN
      • HITUNG OTOMATIS BIAYA
    • AGENDA SIDANG
    • TATA TERTIB PERSIDANGAN
    • FASILITAS PUBLIK
    • ARSIP MULTIMEDIA
  • INFO & HAK MASYARAKAT
    • HAK HAK PARA PIHAK
      • HAK BANTUAN HUKUM
      • KEBERDAAN POSBAKUM
      • BERPERKARA SECARA PRODEO
      • HAK PENCARI KEADILAN
      • HAK-HAK PEREMPUAN DAN ANAK PASCA PERCERAIAN
      • HAK-HAK POKOK PERSIDANGAN
    • PROSEDUR PENGADUAN
      • FORMULIR PENGADUAN
      • SYARAT - SYARAT PENGADUAN
      • TATA CARA PENGADUAN
      • PENYAMPAIAN PENGADUAN
      • WAKTU PENYELESAIAN
      • PENYELESAIAN PENGADUAN
      • REKAPITULASI PENGADUAN
    • HAK PELAPOR ADUAN
    • PELAYANAN INFORMASI
      • HAK PEMOHON INFORMASI
      • PROSEDUR PERMOHONAN
      • PRODUK LAYANAN
      • JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
      • TATA CARA KEBERATAN
      • PETUGAS INFORMASI
    • BIAYA SALINAN INFORMASI
  • AKSES INFORMASI
  • KINERJA
    • PROGRAM KERJA
    • LAPORAN REALISASI DIPA
      • DIPA 01
      • DIPA 04
    • LAPORAN RKA-KL
    • LAPORAN TAHUNAN
    • SAKIP
      • LAPORAN KINERJA (LKJIP)
      • RENCANA AKSI KINERJA
      • PERJANJIAN KINERJA
      • RENCANA KERJA TAHUNAN
      • RENCANA STRATEGIS PENGADILAN
      • Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Reviu IKU
    • LAPORAN KEUANGAN (CALK)
    • NERACA KEUANGAN
    • LAPORAN REALISASI PNBP
    • ASET & INVENTARIS
      • RINGKASAN ASET & INVENTARIS
      • GAMBAR SARPRAS
    • PENGADAAN BARANG & JASA
    • SPIP
    • LAPORAN SURVEY KEPUASAAN MASYRAKAT
  • INFO PERKARA
    • PENCARIAN DETAIL PERKARA
    • DAFTAR PANGGILAN GHAIB
    • PUTUSAN/PENETAPAN
      • DIREKTORI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG
      • DIREKTORI SATKER 2018
      • DIREKTORI SATKER 2017
    • REGISTER PERKARA
      • PERDATA GUGATAN
      • PERDATA PERMOHONAN
      • JINAYAH
    • STATISTIK PERKARA
      • STATISTIK PERKARA 2017
      • STATISTIK PERKARA 2018
      • STATISTIK PERKARA 2019
      • STATISTIK PERKARA 2020
    • PROSES PENANGANAN PERKARA
    • PENGUNAAN BIAYA PERKARA
    • PENGEMBALIAN SISA PANJAR
  • PENGAWASAN
    • PEDOMAN PENGAWASAN
    • TEMUAN HAWASBID
    • TEMUAN HATIWASDA
    • TEMUAN BAWAS
    • TINDAK LANJUT LAPORAN
    • TINDAK LANJUT PELANGGARAN
    • REKAP PELANGGARAN
    • HUKUMAN DISIPLIN MARI
    • PUTUSAN MKH
    • KODE ETIK
    • PEJABAT PENGAWAS
  • PERATURAN
    • PERUNDANG-UNDANGAN
    • PERATURAN MAHKAMAH AGUNG
    • SURAT EDARAN MARI
    • FATWA MAHKAMAH AGUNG
    • PERTIMBANGAN DAN NASEHAT
    • HASIL RAKERNAS
    • INFORMASI DAN KEBIJAKAN
    • PENGELOLAAN ORGANISASI
    • ARTIKEL / TULISAN
  • INFORMASI LAINNYA
    • UNIT PELAKSANA TEKNIS KESEKRETARIATAN
    • SOP SATKER
      • S O P KEPANITERAAN
      • S O P KESEKRETARIATAN
    • STANDAR PELAYANAN
    • MAKLUMAT PELAYANAN
    • PROFIL HAKIM DAN PEGAWAI
    • STATISTIK KEPEGAWAIAN
    • INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN HAKIM / PEGAWAI
    • ANGGARAN/DIPA
    • SURAT MENYURAT
      • SURAT MASUK
      • SURAT KELUAR
    • PROSEDUR PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI KEADAAN DARURAT
    • AGENDA KERJA PENGADILAN
    • PETA SITUS
  • Beranda
  • Halaman
  • Prosedur Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat

Prosedur Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat

Prosedur Peringatan Dini Dan Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat

 
By Subbag Perencanaan, TI dan Pelaporan

A. TANDA-TANDA AKAN TERJADI ANGIN PUTING BELIUNG

Meski dalam banyak kasus angin puting beliung terjadi secara tiba-tiba, sebenarnya angin puting beliung bisa diketahui apabila Anda teliti membaca tanda alam. Berikut ini beberapa tanda-tanda alam yang bisa Anda waspadai apabila akan terjadi angin puting beliung:

  • Selama beberapa hari Anda sering merasa kegerahan karena cuaca panas yang tidak seperti hari-hari biasa.
  • Munculnya awan putih yang bergerombol dan berlapis-lapis di langit. Tidak lama setelahnya, terlihat gumpalan awan gelap, besar, dan tinggi yang sekilas mirip seperti kembang kol.
  • Terdengar suara petir dan guruh kencang yang saling bersahutan dari kejauhan.

Persiapan sebelum terjadinya angin puting beliung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, angin puting beliung biasanya terjadi saat pancaroba di siang atau sore hari. Itu sebabnya, persiapan jauh-jauh hari diperlukan agar mengurangi risiko kerusakan properti Anda serta menghemat waktu dalam kondisi darurat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum terjadinya angin puting beliung:

  • Memangkas cabang-cabang pohon tinggi di sekitar rumah Anda.
  • Cari tempat perlindungan untuk evakuasi di dekat rumah Anda. Setelah itu, perhatikan baik-baik rencana evakuasi dan perlindungan untuk untuk diri Anda sendiri dan keluarga. Tinjau ulang rencana tersebut dan pastikan setiap orang memahaminya.
  • Memperkuat atau memperkokoh bangunan rumah Anda. Salah satunya Anda bisa memasang bingkai jendela yang terbuat dari logam.
  • Bersihkan area di sekitar rumah Anda dari bahan-bahan material yang tidak terpakai. Pasalnya, bahan-bahan tersebut dapat diterbangkan oleh angin puting beliung yang ditakutkan bisa melukai seseorang atau menimbulkan kerusakan parah pada bangunan.
  • Simpan semua dokumen penting seperti akte kelahiran, dokumen asuransi, surat tanah, dan sebagainya di tempat yang aman dan kedap air.
  • Yang paling penting, jangan lupa menyusun perlengkapan darurat dalam satu tas sehingga saat Anda dan keluarga diharuskan untuk melakukan evakuasi ke luar rumah, Anda tidak harus memikirkan barang apa saja yang harus dibawa. Namun ingat, karena perlengkapan ini sifatnya darurat, Anda disarankan membawa hal-hal yang penting saja, misalnya radio yang menggunakan baterai, senter beserta baterai ekstra, pakaian hangat, makanan darurat dan air, serta kotak P3K.

Saat terjadi angin puting beliung

Jika sedang berada di dalam ruangan

  • Tutup jendela dan pintu lalu kunci.
  • Matikan semua aliran listrik dan peralatan elektronik. Jangan lupa, copot juga regulator tabung gas untuk mencegah kebakaran.
  • Menjauh dari sudut ruangan, pintu, jendela, dan dinding terluar bangunan. Anda bisa berlindung di tempat aman seperti di tengah ruangan.

Jika sedang berada di dalam kendaran

Segera hentikan laju kendaraan lalu cari tempat perlindungan yang terdekat di sana.

  • Jika sedang berada di luar ruangan
  • Jika terasa petir akan menyambar, segera membungkuk, duduk dan peluk lutut Anda ke dada.
  • Jangan tiarap di atas tanah.
  • Segera masuk ke dalam rumah atau bangunan yang sekiranya kokoh.
  • Hindari berlindung di dekat tiang listrik, papan reklame, jembatan, dan jalan layang.
  • Waspada terhadap benda-benda yang diterbangkan oleh angin, karena dapat menyebabkan cedera parah hingga kematian.

Penanganan setelah terjadi angin puting beliung

  • Periksa apakah Anda atau orang-orang di sekitar Anda mengalami cedera atau membutuhkan bantuan medis. 
  • Laporkan segera kepada yang berwenang jika ada kerusakan yang berhubungan dengan listrik, gas, dan kerusakan lainnya.
  • Tetap waspada dan pantau terus perkembangan situasi terkini terkait adanya potensi angin puting beliung susulan melalui informasi yang ada di media massa atau petugas yang berwenang.

 

B. PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP GEMPA BUMI

  • Pejabat/pegawai penghuni lantai memberitahukan adanya gempa bumi kepada Petugas Tanggap Darurat Lantai.
  • Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik
  • Petugas Tanggap Darurat Gedung membunyikan alarm atau mengumumkan adanya gempa bumi
  • Petugas Tanggap Darurat Listrik melakukan pemutusan aliran listrik melalui panel listrik.
  • Petugas Tanggap Darurat Lantai mengumpulkan Massa (penghuni gedung ).
  • Apabila massa dapat dikumpulkan, maka dilakukan evakuasi.
  • Apabila massa tidak dapat dikumpulkan, maka Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan bahwa massa tidak dapat dikuasai kepada:
  1. Petugas Bencana Alam
  2. Petugas Tanggap Darurat Gedung.
  3. Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya gempa bumi kepada:
  4. Dinas Bencana Alam  (BNPB) Kabupaten Konawe dan Petugas Pelayanan Kesehatan
  5. Petugas Tanggap Darurat Lantai dan Petugas Tanggap Darurat Gedung melakukankoordinasi untuk evakuasi.
  6. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai atau tempat yang aman dari gempa.
  7. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengarahkan kepada seluruh penghuni ruangan untuk berjalan secara tertib, tidak berlari, tidak menggunakan lift, dan berbaris secara teratur untuk menuju ke tempat aman yang telah ditentukan (assembly point).
  8. Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.
  9. Petugas Pelayanan Kesehatan melaksanakan Triage (pemilahan kondisi kesehatan pejabat/pegawai yang dievakuasi) berdasarkan kondisi kesehatan korban dan memberikan pertolongan kesehatan.
  10. Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung.

 

C. PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP KEBAKARAN

  • Pejabat/pegawai penghuni lantai memberitahukan adanya sumber api kepada Petugas Tanggap Darurat Lantai.
    Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik
  • Petugas Tanggap Darurat Gedung membunyikan alarm atau mengumumkan adanya kebakaran
  • Petugas Tanggap Darurat Listrik melakukan pemutusan aliran listrik melalui panel listrik.
  • Petugas Tanggap Darurat Lantai memadamkan sumber api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Apabila sumber api dapat dipadamkan, maka dilakukan evaluasi atas timbulnya sumber api (tidak dilakukan evakuasi).

Apabila sumber api tidak dapat dipadamkan, maka Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan bahwa api tidak dapat dikuasai kepada: Seluruh penghuni ruangan untuk berkumpul di lobby tangga darurat; dan Petugas Tanggap Darurat Gedung.

Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya kebakaran kepada:

  • Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Cimahi dan Petugas Pelayanan Kesehatan
  • Petugas Tanggap Darurat Lantai dan Petugas Tanggap Darurat Gedung melakukan koordinasi untuk evakuasi.
    Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai.
    Petugas Tanggap Darurat Lantai mengarahkan kepada seluruh penghuni ruangan untuk berjalan secara tertib, tidak berlari, tidak menggunakan lift, dan berbaris secara teraturuntuk menuju ke tempat aman yang telah ditentukan (assembly point).
    Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.
    Petugas Pelayanan Kesehatan melaksanakan Triage (pemilahan kondisi kesehatan pejabat/pegawai yang dievakuasi) berdasarkan kondisi kesehatan korban danmemberikan pertolongan kesehatan.
    Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung

Pencarian

Info Populer

  • SOSIALISASI RENCANA KERJA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DI PENGADILAN AGAMA MOROTAI TAHUN 2019 MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI WBK DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI WBBM
  • Informasi Seputar Penyelesaian Gugatan Sederhana
  • Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM
  • MoU Kerjasama Resmi Ditandatangai, PA Morotai Siap Terima Perkara Secara Online
  • Ini Dia Petunjuk Teknis Pelaksanaan E-Test Ekonomi Syariah Badan Peradilan Agama Tahun 2019
  • HUT KORPRI Ke-47 PA Morotai, Presiden Amanatkan 4 Hal
  • PA Morotai Juara 1 Nasional Lomba Pengelola Data dan E Doc ABS
  • Kultum Ramadhan Series : Nikmat sehat dan Nikmat waktu luang serta golongan orang yang berpuasa

Agenda Kegiatan

  • Upacara Memperingati HUT Mahkamah Agung RI ke 80
  • Upacara Memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI ke 80
  • Rapat Evaluasi Kinerja Triwulan II
  • Tahun Baru Islam
  • Idul Adha 1446 H

Facebook

Waktu Jam Kerja

Senin - Kamis 08.00 - 16.30

Khusus Jum'at 08.00 - 17.00

Hubungi Kami!

0924-2623536

Email Kami!

[email protected]

Aplikasi Online
  • Daftar Perkara Online E-Court
  • Komunikasi Data Nasional
  • SIKEP Mahkamah Agung
  • Sipermari Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informasi MARI
  • Sistem Penelusuran Perkara
  • Perpustakaan Digital MA - RI
  • JDIH
Link Pusat
  • Mahkamah Agung RI
  • Badan Peradilan Agama
  • Litbang Diklat Kumdil
  • Badan Peradilan Umum
  • Ditjen Militer & TUN
  • Badan Pengawasan
Link Daerah
  • Pemkab Halmahera Utara
  • Kejaksaan Negeri Halmahera Utara
  • Pengadilan Negeri Tobelo
  • Polres Halmahera Utara
  • Kemenag Halmahera Utara
  • Pemkab Pulau Morotai
Link PA Wilayah PTA
  • Pengadilan Tinggi Agama Malut
  • Pengadilan Agama Ternate
  • Pengadilan Agama Soasio
  • Pengadilan Agama Labuha

Copyright Sub Bagian TI PA Morotai © 2021. Powered By CAHKREATIF.COM

w3 validator w3 validator